Peranan Mikroba

Hampir disemua daerah biosfir dapat dijumpai mikroba.  Di semua tempat yang dihuni manusia dapat dijumpai mikroba yang mampu hidup dan berkembangbiak.  Baru-baru ini telah ditemukan mikroba yang hidup di puncak gunung dan di dasar laut dalam, dimana manusia tidak dapat bertahan hidup.

 


Mikroba memiliki peran penting dalam kehidupan manusia.  Tanpa kehadiran mereka, dunia penuh dengan limbah.  Berkembangnya ilmu pengetahuan telah membuka wawasan bahwa ternyata peran mikroba tidak hanya mampu merombak limbah menjadi mineral yang dibutuhkan oleh tanaman, tetapi masih banyak peran lainnya.

Berdasarkan peranannya, mikroba dapat dibagi menjadi tiga golongan.  Golongan pertama yaitu mikroba yang memiliki peran berguna bagi manusia, golongan kedua adalah mikroba yang memiliki peran merugikan bagi manusia, dan golongan ketiga adalah mikroba yang belum diketahui peranannya bagi kepeningan manusia.  Mikroba jenis ketiga ini termasuk mikroba yang peranannya kadang berguna bagi manusia, tetapi dilain waktu berperan merugikan.

Mikroba Menguntungkan

Mikroba yang memiliki peran menguntungkan bagi manusia adalah mikroba pengurai, nitrifikasi, nitrogen, usus, dan penghasil antibiotik.   Mikroba pengurai memiliki kemampuan merombak senyawa organik kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana.  Hasil perombakannya dapat dimanfaatkan oleh mahluk hidup lainnya.

Mikroba nitrifikasi memiliki kemampuan untuk merombak senyawa amoniak menjadi nitrat yang dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan.  Keberadaan senyawa amoniak dalam media budidaya dapat menimbulkan keracunan bagi ikan yang dibudidaya.

Aktivitas mikroba nitrogen sangat bermanfaat bagi tanaman.  Mikroba ini mampu mengikat nitrogen langsung dari udara dan mengubahnya menjadi komponen yang dapat diserap oleh akar.  Mikroba ini hidup diantara akar tanaman.

Mikroba usus hidup di saluran pencernaan.  Mikroba ini memiliki peran dalam membusukan sisa makanan di dalam usus.  Selain itu, mikroba ini juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan vitamin B12 dan K yang memiliki peran pening dalam proses pembekuan darah.

Mikroba penghasil antibiotik pertama kali ditemukan oleh Alexander Flaming.  Saat ini telah banyak mikroba yang diketahui memiliki kemampuan untuk memproduksi antibiotik.  Antibiotik merupakan senyawa ini banyak digunakan sebagai bahan untuk mengatasi keberadaan mikroba patogen dan pembusuk.

Mikroba Merugikan

Mikroba utama yang diketahui memiliki peran yang merugikan kepentingan manusia adalah mikroba pembusuk dan patogen.  Mikroba pembusuk adalah mikroba yang memiliki kemampuan untuk merombak senyawa organik kompleks menjadi senyawa sederhana yang tidak diharapkan.  Keberadaan mikroba ini dalam bahan pangan tidak disukai.  Oleh mikroba pembusuk, bahan pangan akan dirombak sedemikian rupa sehingga menjadi busuk.

Mikroba patogen merupakan mikroba yang sering menimbulkan penyakit bagi manusia.  Aktivitas mikroba patogen dalam bahan pangan adalah memperbesar populasi mikroba dan menghasilkan senyawa racun.  Mengkonsumsi bahan pangan demikian akan menyebabkan sakit atau keracunan.

Satu Tanggapan to “Peranan Mikroba”

  1. peranan migroba bagi kehidupan manusia

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: