Masa Simpan Filet Lele Dumbo Asap Menggunakan Berbagai Jenis Sumber Asap Air Pada Penyimpanan Suhu Kamar

Dinita Fadhila dan Eddy Afrianto

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis sumber asap cair terbaik yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme sehingga dapat memperpanjang masa simpan filet lele dumbo asap pada penyimpanan suhu kamar. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Laboratorium Penelitian Umum Pedca Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran Jatinangor, dari bulan Desember 2006 sampai Februari 2007.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental yang terdiri dari empat perlakuan pengasapan filet lele dumbo, yaitu menggunakan asap cair tempurung kelapa, sabut kelapa, serbuk kayu albasia dan kontrol yang direndam dalam akuades. Pengamatan meliputi uji mikrobiologi (bakteri dan kapang), pengukuran pH dan kadar air.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengasapan cair dengan sumber asap serbuk kayu albasia memberikan hasil terbaik. Perlakuan tersebut memenuhi persyaratan mutu hingga hari ke-2 dengan jumlah total bakteri 3,3×102 koloni/g; jumlah total kapang 0; pH 4,20 dan kadar air 55,14% (berat kering).

Kata Kunci : pH, kadar air, filet, kapang, koloni bakteri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: