Mutu Nata De Seaweed Dalam Berbagai Konsentrasi Sari Jeruk Nipis

Nadia Anastasia dan Eddy Afrianto

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui konsentrasi sari jeruk nipis yang dapat menghasilkan nata de seaweed bermutu baik. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran sejak bulan April sampai Desember 2007.

 


Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan lima perlakuan dan ulangan tiga kali. Perlakuan adalah konsentrasi sari jeruk nipis yang terdiri dari A (konsentrasi 0% atau tidak diberikan sari jeruk nipis), B (konsentrasi sari jeruk nipis 1%), C (konsentrasi sari jeruk nipis 2%), D (konsentrasi sari jeruk nipis 4%) dan E (konsentrasi sari jeruk nipis 5%).  Parameter yang diamati adalah sifat kimia, meliputi pH dan kadar serat kasar, sifat fisik, meliputi ketebalan, bobot, rendemen dan kekenyalan, serta uji hedonik (kesukaan) terhadap nata de seaweed dengan menggunakan panelis semi terlatih.

Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi sari jeruk nipis 2% menghasilkan nata de seaweed bermutu baik dengan karakteristik sebagai berikut pH 4,06, kadar serat kasar 10,54%, tebal 3,07 mm, bobot 36,76 g, rendemen 7,35%, kekenyalan 0,011 mm/detik dan kesukaan panelis terhadap kekenyalan, rasa, warna dan aroma nata de seaweed masih dalam batas penerimaan.

Kata Kunci : nata, seaweed, jeruk nipis,  Acetobacter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: