Probiotik pada Ikan

Pengertian probiotik cukup beragam, salah satu diantaranya adalah mikroba yang berperan bagi kehidupan ikan. Teknik probiotik sendiri sudah jauh berkembang. Dalam bidang perikanan, probiotik sudah diterapkan dalam upaya menjaga kualitas media budidaya ikan, mencegah dan mengatasi serangan penyakit pada ikan, dan meningkatkan efisiensi pakan.

 


Efisiensi pakan pada ikan ditentukan oleh kemampuan ikan tersebut mencerna pakan yang dikonsumsinya. Di saluran pencernaan, pakan yang terdiri dari senyawa kompleks akan dirombak menjadi senyawa yang lebih sederhana. Senyawa seperti protein, lemak dan karbohidrat akan dirombak selama pencernaan berlangsung sehingga menjadi senyawa sederhana berupa asam amino, asam lemak dan gliserol, dan glukosa. Proses perombakan ini membutuhkan keberadaan enzim.

Enzim yang berperan dalam proses perombakan senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana berasal dari tubuh ikan dan mikroba yang hidup di saluran pencernaan. Mikroba akan mensekresi enzim ke lingkungannya untuk merombak bahan organik yang ada di sekitarnya sehingga dapat diserap oleh mikroba. Sifat khas dari mikroba ini telah membantu proses pencernaan pakan oleh ikan.

Ikan herbivor memiliki kemampuan untuk mencerna pakan yang berasal dari nabati. Kemampuan ini dicirikan dengan enzim karbohidrase yang terkandung di saluran pencernaan. Makin banyak jenis dan jumlah enzim yang terdapat di saluran pencernaan, proses metabolisme akan lebih baik.

Ikan yang hidup di alam memiliki komposisi mikroba di saluran pencernaan berbeda dengan ikan sejenis yang hidup di media budidaya. Dengan demikian, rekayasa mikroba yang hidup di saluran pencernaan dapat dilakukan. Hasil penelitian mengenai isi lambung, memperlihatkan bahwa mikroba di saluran pencernaan dapat direkayasa. Kondisi ini akan menyempurnakan proses perombakan pakan, karena memungkinkan ikan yang semula herbivor akan berubah menjadi omnivor sejalan dengan rekayasa jenis dan jumlah mikroba yang hidup di saluran pencernaan.

Satu Tanggapan to “Probiotik pada Ikan”

  1. […] Eafrianto. 2009. Probiotik Pada Ikan. https://eafrianto.wordpress.com/ 2009/11/29/probiotik-pada-ikan/. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: