KERACUNAN IKAN CIGUATERA

Banyak kita dengar berita mengenai kematian seseorang karena mengkonsumsi ikan.  Menyedihkan sekali.  Apakah ikan yang kita konsumsi beracun?  Secara umum ikan dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu beracun dan menjadi beracun.  Sebagai contoh, ikan tongkol termasuk tidak beracun.  Namun karena kesalahan penanganan, ikan ini ada kemungkinan menjadi beracun.  Beberapa jenis ikan diketahui memang sudah mengandung racun sejak sebelum ditangkap.  Ikan tersebut digolongkan menjadi ciguatera, pupper fish, dan paralytic shellfish poissoning.  Untuk mengetahui lebih lanjt mengenai ikan golongan ciguatera, silahkan baca artikelnya di sini.

10 Tanggapan to “KERACUNAN IKAN CIGUATERA”

  1. wah harus lebih waspada, trimakasih untuk infonya

  2. terima kasih kembali

  3. memang ada sebagian ikan yang beracun, namun dengan penanganan yang baik dapat dikendalikan. Jadi sebaiknya mengidentifikasi ikan sebelum dimakan akan lebih baik.

  4. senyawa apa yang membuat ikan tongkol berfacun..mohon penjelasannya??

    • di dalam daging (merah) ikan tongkol terdapat asam amino histidin. Penanganan yang kurang baik, menyebabkan asam amino ini mengalami perombakan menjadi histamin yang beracun. Sepanjang histamin belum terbentuk, ikan tongkol aman untuk dikonsumsi.

  5. jabon

    kok bis aemang ikanya mengandung apha ..??

    • Racun ciguatera yang terdapat pada ikan tertentu berasal dari makanan (dinoflagellata) yang dikonsumsinya. Ikan tersebut tidak mengalami keracunanan, namun manusia yang mengkonsumsinya akan mengalami kematian. Ikan tersebut akan kembali tidak beracun apabila tidak mengkonsumsi makanan tersebut. Adapun yang menjadi masalah, bagaimana kita mengetahui bahwa ikan tersebut sudah lama tidak mengkonsumsi makanan beracun?

  6. assalamualaikum wr.wb
    pak ada yg saya tanyakan tentang hal ini,
    pak Eddy apakah ada ciri2 organoleptik dari ikan2 yg terkena racun ciguatera?? selain ikan tongkol pak, seperti baracudda .terimakasih pak..
    wass

    • tidak ada ciri khusus dari ikan yang mengandung racun ciguatera demikian pula dengan ikan yang terkena racun ciguatera (?) seperti yang Tina maksudkan. Untuk mencegahnya, sebaiknya tidak mengkonsumsi ikan karang pada saat terjadi red tide atau jangan mengkonsumsi ikan yang kita dapat dari daerah yang telah diketahui mengandung tumbuhan beracun.

  7. makasih ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: